Kapolres Rohul, Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh LK Tahun  2023  

Senin, 10 Juli 2023 - 13:35:51 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning (LK) Tahun 2023, di pimpin langsung oleh Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono, S.I.K,.M.H. Senin (10/7/2023) sekitar pukul 08.10 Wib, di halaman Mapolres Rohul.

Operasi dengan tema "Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa". Bertindak sebagai Perwira Apel Kasat Lantas Polres Rohul AKP Akhmad Rivandy, S.I.K,.M.Si, Komandan Apel Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Rohul IPTU Lof  Lasri Nosa, S.H.

Kemudian, pembawa acara Brigadir  Riza Gumira, pembawa Baki Bripda Salma Sabira, pembaca Doa Bripda Rivaldo Irfan, SP.Si, perwakilan pemasangan pita tanda Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 yaitu dari TNI, Polri, Dishub fan Satpol  PP.

Hadir dalam kegiatan Apel  tersebut,  Dandim 0313/Kpr diwakili  Danramil 11 Tambusai Kapten Inf Lilik Haryono, Wakapolres Rohul Kompol Erol Ronny Risambessy, S.I.K, Kadishub diwakili  Kabid Perhubungan angkutan darat Arie Gunadi, S.STP,  Sekretaris Pol PP Rohul Denis Hendri, S.P,  Kabid Ops Pol PP, para Kabag Polres Rohul, Para Kasat Polres Rohul,  dan Anggota Polres Rohul beserta Polsek jajaran.

Untuk Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat LK 2023, antara lain satu SST TNI, satu SST SAT Samapta, satu SST SAT Lantas, satu SST Gabungan Staf, satu SST Gabungan Sat  Intelkam, Sat Reskrim dan   Sat Narkoba serta satu SST Dishub Rohul.

Rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh LK 2023, Komandan Apel memasuki lapangan Apel, pasukan di siapkan, Inspektur Apel memasuki lapangan Apel pasukan di siapkan, penghormatan pasukan, laporan Komandan Apel dilanjutkan pemeriksaan pasukan, amanat Inspektur Apel dan laporan Komandan Apel.

Seterusnya, penghormatan pasukan,  pembacaan Do’a,  laporan Komandan Apel, penghormatan pasukan kepada pimpinan Apel. Apel selesai dan Pimpinan Apel berkenan meninggalkan mimbar Apel.

Adapun amanat dari Kapolda Riau Irjenpol M Iqbal, S.I.K,.M.H yang dibacakan  Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, S.I.K,. M.H, mengucapkan syukur dapat hadir di tempat ini dalam rangka Apel Gelar Pasukan Ops Patuh LK 2023.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang kamseltibcarlantas maka polri akan melaksanakan kegiatan operasi terpusat “Operasi Patuh 2023” yang dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia dengan tema “patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa," katanya

Lanjutnya, pelaksanaan Operasi Patuh 2023 dilaksanakan dari tanggal 10 juli sampai 23 juli 2023. Pelaksanaan Operasi Patuh Tahun 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari di seluruh wilayah indonesia, ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan preemtif, preventif dan didukung pola penegakan hukum lantas secara elektronik.

"Sesuai amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk, mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik," rincinya.

"Ke empat poin tersebut, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani polisi lalulintas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan yang menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya dan harus diterima serta dijalankan oleh semua pihak," paparnya

Lanjutnya, pada Operasi Patuh ini akan dilaksanakan penegakan hukum lantas dengan E-tle Mobile dan teguran dengan tujuh prioritas pelanggaran, yaitu :

1.    Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara
2. Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur
3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari Satu orang
4. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm sni dan pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt
5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol
6. Pengemudi atau pengendara yang melawan arus
7. Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.
6.     Dengan sasaran penindakan pelanggaran diatas, maka diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menurunkan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap.
7.    Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada seluruh jajaran, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar :
•    Panjatkan doa kepada tuhan yme sebelum melaksanakan tugas;
•     Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada
•    Hindari tindakan pungli dan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif
•    Lakukan tugas operasi patuh lancang kuning 2023 dengan tindakan yang simpatik dan humanis tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat

"Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan “selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi “Operasi Patuh Lancang Kuning 2023”.

Demikian sambutan saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Kapolres AKBP Budi Setiyono, S.I.K,. M.H membacakan amanat dari Kapolda Riau.

Apel berakhir sekitar pukul 08.30 Wib, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman terkendali.***

Laporan : E.S.Nst

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex